Tahukah anda Pentingnya Teknologi Informasi ???

Wednesday, November 27, 2013

Artikel saya saat ini merupakan hasil dari perkuliahan Sistem Informasi Managemen atau biasa di singkat dengan SIM .  

 

Peran utama aplikasi sistem informasi dalam bisnis adalah untuk memberikan
dukungan yang efektif atas strategi perusahaan agar dapat memperoleh
keunggulan kompetitif.
Peran strategis SI ini melibatkan penggunaan TI untuk mengembangkan
berbagai produk, layanan, dan kemampuan yang memberikan perusahaan
keunggulan besar atas tekanan kompetitif dalam pasar global. Hal ini
menciptakan sistem informasi strategis, SI yang mendukung atau
membentuk posisi kompetitif dan strategi dari perusahaan bisnis. Jadi, SI
strategis dapat berupa SI apapun (TPS, SIM, DSS, dan lain-lain) yang
menggunakan TI untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan
kompetitif, mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan
strategis perusahaan lainnya.
Perusahaan dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang hanya
jika perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk
menghadapi lima tekanan kompetitif yang membentuk struktur persaingan
dalam industrinya.


Dalam model klasik Michael Porter mengenai strategi kompetitif, bisnis
apapun yang ingin bertahan hidup dan berhasil harus mengembangkan dan
mengimplementasikan berbagai strategi untuk secara efektif mengatasi :
1. Persaingan dari para pesaing dalam industrinya
2. Ancaman pemain baru dalam industri dan pasarnya
3. Ancaman yang dihadapi karena adanya produk pengganti yang dapat
mengambil pangsa pasar
4. Daya tawar pelanggan
5. Daya tawar pemasok
Strategi dasar penggunaan teknologi informasi dalam bisnis
1. Strategi kepemimpinan dalam biaya
· Penggunaan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
· Penggunaan TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok
2. Strategi diferensiasi
 Mengembangkan berbagai fitur TI baru untuk melakukan diferensiasi
produk dan jasa
 Menggunakan berbagai fitur TI untuk mengurangi keunggulan
diferensiasi para pesaing
 Menggunakan berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada ceruk
pasar yang dipilih

3. Strategi inovasi
 Membuat produk dan kasa baru yang memasukkan berbagai komponen
TI
 Mengembangkan pasar baru atau ceruk pasar yang unik dengan
bantuan TI
 Membuat perubahan radikal atas proses bisnis dengan TI yang secara
dramatis akan memangkas biaya, meningkatkan kualitas, efisiensi, atau
layanan pelanggan, atau mempersingkat waktu ke pasar
4. Strategi pertumbuhan
 Menggunakan TI untuk mengelola perluasan bisnis secara regional dan
global
 Menggunakan TI untuk mendiversifikasi serta mengintegrasikan produk
dan jasa lainnya
5. Strategi persekutuan
 Menggunakan TI untuk membuat organisasi virtual yang terdiri dari
para mitra bisnis
 Mengembangkan SI antar perusahan yang dihubungkan oleh internet
dan ekstranet yang akan mendukung hubungan bisnis strategis dengan
para pelanggan, pemasok, subkontraktor, dan pihak-pihak lainnya

Strategi kompetitif seperti :

a. “Mengunci” pelanggan dan pemasok di dalam (locking-in customers and
suppliers)
Dengan cara membangun hubungan baru yang bernilai dengan pelanggan
dan pemasok.
b. Membangun biaya perpindahan (Switching cost)
Dengan cara membuat pelanggan atau pemasok tergantung pada
penggunakan atas SI antar perusahaan yang inovatif dan saling
menguntungkan.
c. Meningkatkan halangan masuk (Barriers to entry)
Dengan cara meningkatkan jumlah investasi atau kerumitan teknologi
yang dibutuhkan untuk bersaing dalam industri atau dalam suatu segmen
pasar.
d. Mendorong investasi dalam TI
Dengan cara mengembangkan berbagai produk dan jasa baru yang tidak
akan mungkin dihasilkan tanpa kemampuan TI yang kuat.

 

Perusahaan virtual (korporasi virtual atau organisasi virtual) adalah organisasi
yang menggunakan TI untuk menghubungkan banyak orang, organisasi,
aktiva, dan ide.
Strategi perusahaan-perusahaan virtual
· Saling berbagi infrastruktur dan resiko dengan mitra aliansi
· Menghubungkan kompetensi inti yang saling melengkapi
· Mengurangi waktu konsep-ke-kas (Concept-to-cash time) melalui saling
berbagi
· Meningkatkan fasilitas dan cakupan pasar
· Mendapatkan akses ke pasar yang baru dan saling berbagi pasar atau
loyalitas pelanggan
· Bermigrasi dari menjual produk ke menjual solusi

0 komentar:

Post a Comment