Bagi seorang yang baru pindah dari Microsoft Office ke Open Office memanglah merupakan hal sangat membutuhkan proses dalam hal untuk mengenali ,menggunakan dan menerapkan , pada artikel ini zoharaberbagiinfo akan mencoba memberikan beberapa tips kepada anda bagaimana memulai menggunakan Open Office .bagi ada yang belum mengetahui apa itu Open Office silahkan KLIK DISINI . jika anda tertarik silahkan lanjut kan ke tahap selanjutnya . hal yang pertama harus anda pelajari di antaranya ialah :
Mengenali Toolbar icon yang umum digunakan
Berikut adalah toolbar standar pada OpenOffice beserta keterangan fungsi tomboltombol yang umum digunakan :
tombol-tombol lainnya hampir serupa dengan button pada msOffice
Mengenali shortcut key pada OpenOffice
Standar shortcut key pada openoffice sama dengan msOffice, yaitu;
Cut (Control+X) Copy (Control+C) Paste (Control+V) Undo (Control+Z) | Redo (Control+Y) Save (Control+S) Open (Control+O) New (Control+N) |
Pemrosesan Document
untuk pemrosesan document, disarankan menggunakan style agar dokumen yang
dihasilkan dapat teratur (untuk tutorial style dapat dibaca dibagian lain)
Menentukan format halaman
Sebelum membuat sebuah dokument, kita harus menentukan format kertas (page)
yang akan digunakan seterusnya. Pada contoh dibawah ini, format halaman dibuat
A4, dengan batas kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 2 cm.
Menentukan format kertas pada OpenOffice dengan mengklik menu format >
page
Selanjutnya pilih bagian page dan berikan nilai-nilai sesuai dengan kebutuhan
Format paragraf
Setelah selesai mempersiapkan format halaman, selanjutnya adalah menentukan
format paragraf yang diinginkan pada dokument yang kita miliki. Cara
menentukan format paragraf pun tidak jauh berbeda dengan cara menentukan
format paragraf pada ms office.
Kali ini kita akan membuat format paragraf dengan jarak alinea pertama sejauh
0.5cm, spasi 1.5 dan paragraf rata kiri kanan (justified). Pilih menu format >
paragraf. Lalu pada menu tab indent & spacing digunakan untuk mengatur jarak
spasi yang diinginkan.
Selanjutnya untuk menentukan paragraf style (left,right, center atau justify) pilih
menu tab alignment. Untuk pengaturan paragraf selanjutnya anda dapat
bereksperimen dengan pilihan menu-menu yang tersedia
Memberikan bullet and numbering
Memberikan numbering ada pada format > Bullet and Numbering. Beberapa
pengaturan umum bullet dan numbering juga dapat dilakukan disini.
Memberikan header dan footer
Pada OpenOffice, cara memberikan header dan footer sedikit berbeda dengan
yang ada pada msoffice. Header atau footer sendiri juga memiliki fungsi yang
sama dengan header atau footer pada msoffice, yaitu sebagai tempat page number,
catatan kaki, page count, label, dan sebagainya.
Untuk mengaktifkan header atau footer, beri tanda cek (√) pada bagian tersebut
melalui menu insert > header > default (untuk header) atau insert > footer >
default (untuk footer).
Memberikan Fields pada Header atau footer (Page number
atau page count)
Berbeda dengan penggunaan ms Word pada Windows, untuk memberikan fields
seperti page number pada Oo Writer sebelumnya harus mengaktifkan header atau
footer terlebih dahulu sebagai posisi field-field tersebut berada.
field yang dapat dimasukkan adalah; tanggal, waktu, penomoran halaman,
penghitung jumlah halaman, subject, judul, dan nama penulis. (lihat pada
gambar). Untuk memasukkan fields, sebelumnya jangan lupa untuk mengarahkan
cursor pada header atau footer, agar fields tersebut dapat tampail pada setiap
halaman sesuai dengan yang diinginkan
Mencetak document
Selesai melakukan pemrosesan dokumen sederhana, saatnya untuk mencoba
mencetak dokument di kertas. Pilih menu file > print atau gunakan [ctrl+p] untuk
memulai mencetak halaman. Untuk preview dokumen, dapat menggunakan menu
file > print preview atau menekan tombol print preview yang ada pada toolbar.
Untuk pengaturan kertas dan pencetakan lainnya, klik properties pada jendela
print
Sumber/Referensi documentation.openoffice.org
0 komentar:
Post a Comment