Bagaimana Belajar menggunakan dan Apa yang harus dipelajari dari Open Office Writer ??? bag I

Wednesday, November 27, 2013

 

Bagi seorang yang baru pindah dari Microsoft Office ke Open Office memanglah merupakan hal sangat membutuhkan proses dalam hal untuk mengenali ,menggunakan dan menerapkan , pada artikel ini zoharaberbagiinfo akan mencoba memberikan beberapa tips kepada anda bagaimana memulai menggunakan Open Office .bagi ada yang belum mengetahui apa itu Open Office silahkan KLIK DISINI . jika anda tertarik silahkan lanjut kan ke tahap selanjutnya . hal yang pertama harus anda pelajari di antaranya ialah :

Mengenali Toolbar icon yang umum digunakan

Berikut adalah toolbar standar pada OpenOffice beserta keterangan fungsi tomboltombol yang umum digunakan :

image

image

 

image New, Untuk membuat dokumen baru. Untuk
semua komponen OpenOffice
image Save, untuk menyimpan dokumen
image Open, membuka document
image Export ke PDF , mengubah file Open Office anda menjadi file PDF
image Spelling check on (aktif) , mengeja bahasa yang anda ketikan pada Open Office
image Spelling check off (non aktif), sebaliknya dari ON
image print file Documen anda langsung (tanpa review)
image print preview,
image find, mencari kata atau kalimat
image

E-Mail, dokumen yang dibuat diperlakukan
seperti email

image menampilkan gallery
image zoom level untuk mengatur perbesaran halam
image tombol dan list style yang tersedia
image Tombol character style
image gaya penulisan pragraf (paragraf style)
image bullet and numbering
image Undo dan redo
image untuk menyisipkan tabel
image Tombol navigator
image character check
image Next menu/button
image show draw function

tombol-tombol lainnya hampir serupa dengan button pada msOffice
Mengenali shortcut key pada OpenOffice
Standar shortcut key pada openoffice sama dengan msOffice, yaitu;

Cut (Control+X)
Copy (Control+C)
Paste (Control+V)
Undo (Control+Z)
Redo (Control+Y)
Save (Control+S)
Open (Control+O)
New (Control+N)

Pemrosesan Document

untuk pemrosesan document, disarankan menggunakan style agar dokumen yang
dihasilkan dapat teratur (untuk tutorial style dapat dibaca dibagian lain)
Menentukan format halaman
Sebelum membuat sebuah dokument, kita harus menentukan format kertas (page)
yang akan digunakan seterusnya. Pada contoh dibawah ini, format halaman dibuat
A4, dengan batas kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 2 cm.
Menentukan format kertas pada OpenOffice dengan mengklik menu
format >
page

image
Selanjutnya pilih bagian page dan berikan nilai-nilai sesuai dengan kebutuhan

image

Format paragraf
Setelah selesai mempersiapkan format halaman, selanjutnya adalah menentukan
format paragraf yang diinginkan pada dokument yang kita miliki. Cara
menentukan format paragraf pun tidak jauh berbeda dengan cara menentukan
format paragraf pada ms office.
Kali ini kita akan membuat format paragraf dengan jarak alinea pertama sejauh
0.5cm, spasi 1.5 dan paragraf rata kiri kanan (justified). Pilih menu format >
paragraf. Lalu pada menu tab indent & spacing digunakan untuk mengatur jarak
spasi yang diinginkan.

image

Selanjutnya untuk menentukan paragraf style (left,right, center atau justify) pilih
menu tab alignment. Untuk pengaturan paragraf selanjutnya anda dapat
bereksperimen dengan pilihan menu-menu yang tersedia

image

Memberikan bullet and numbering
Memberikan numbering ada pada format > Bullet and Numbering. Beberapa
pengaturan umum bullet dan numbering juga dapat dilakukan disini.

image

Memberikan header dan footer
Pada OpenOffice, cara memberikan header dan footer sedikit berbeda dengan
yang ada pada msoffice. Header atau footer sendiri juga memiliki fungsi yang
sama dengan header atau footer pada msoffice, yaitu sebagai tempat page number,
catatan kaki, page count, label, dan sebagainya.
Untuk mengaktifkan header atau footer, beri tanda cek (√) pada bagian tersebut
melalui menu insert > header > default (untuk header) atau insert > footer >
default (untuk footer).

image

Memberikan Fields pada Header atau footer (Page number
atau page count)
Berbeda dengan penggunaan ms Word pada Windows, untuk memberikan fields
seperti page number pada Oo Writer sebelumnya harus mengaktifkan header atau
footer terlebih dahulu sebagai posisi field-field tersebut berada.
field yang dapat dimasukkan adalah; tanggal, waktu, penomoran halaman,
penghitung jumlah halaman, subject, judul, dan nama penulis. (lihat pada
gambar). Untuk memasukkan fields, sebelumnya jangan lupa untuk mengarahkan
cursor pada header atau footer, agar fields tersebut dapat tampail pada setiap
halaman sesuai dengan yang diinginkan

image

Mencetak document
Selesai melakukan pemrosesan dokumen sederhana, saatnya untuk mencoba
mencetak dokument di kertas. Pilih menu file > print atau gunakan [ctrl+p] untuk
memulai mencetak halaman. Untuk preview dokumen, dapat menggunakan menu
file > print preview atau menekan tombol print preview yang ada pada toolbar.

image

Untuk pengaturan kertas dan pencetakan lainnya, klik properties pada jendela
print

image

 

lanjut ke BAG II

 

 

Sumber/Referensi documentation.openoffice.org

0 komentar:

Post a Comment