pengertian Chipset Pada Motherboard

Sunday, December 8, 2013

mari mengenal Chipset Pada Motherboard .

Chipset merupakan jembatan antar komponen pada motherboard selain itu juga dengan perangkat lainnya seperti perangkat input dan output. Bisa dibilang Chipset merupakan polisi lalu lintas karena berfungsi untuk mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh PC. Chipset pada motherboard sendiri memiliki dua microchip utama yaitu Southbridge dan Northbridge.

1. Northbridge

northbridge

Chipset ini memiliki peranan penting dibanding saudaranya yaitu Southbridge. Dikarenakan chipset ini menangani prosesor, memori utama, kartu grafis, dan bahkan Southbridge itu sendiri. Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah, Northbridge sangat mempengaruhi kinerja dari sistem. Prosesor-prosesor terbaru cukup sering memerlukan northbridge yang baru juga agar dapat bekerja dengan baik. Northbridge pada motherboard biasanya akan ada pada posisi atas ketika motherboard dipasang pada casingnya, jadi anda tidak usah repot - repot untuk mencari letak dari chipset ini. Untuk memudahkan anda mengingat letaknya gunakan saja acuan seperti pada peta bahwa arah utara (North) selalu menghadap ke atas.

 

southbridge[1]

Dari referensi yang saya dapatkan ternyata suhu dari chipset northbridge ini juga mempengaruhi kinerjanya dan juga komponen lain. Dengan kata lain PC juga memiliki kemungkinan hang dikarenakan suhu dari chipset ini karena aliran data antara memori, prosesor, dan komponen lain juga akan terganggu. Tetapi anda bisa menstabilkan suhunya dengan menambahkan chipset fan di atasnya. Berikut adalah gambar fan-nya :

fan[1]

Berikut gambar jika sudah dipasang pada atas chipsetnya :

13s[1]

14s[1]

2. Southbridge

chipset ini merupakan saudara dari Northbridge yang secara khusus mengatur atau menjembatani aliran data dari slot -slot ekspansi seperti PCI, ISA, IDE, dan juga alat input maupun output. Untuk masalah tempat, chipset ini kebalikan dari northbridge yaitu berada pada posisi bawah ketika motherboard terpasang.

south[1]

Southbridge juga memiliki pendingin untuk menstabilkan suhunya. Meskipun seperti yang banyak dikatakan bahwa southbridge tidak terlalu penting dibandingkan northbridge namun tetap saja harus memiliki suhu yang stabil agar tidak mengganggu kinerja komponen lain.

pendingin

pendingin1

Berikut adalah gambaran kinerja dari kedua chipset tersebut.

kinerja chipset

0 komentar:

Post a Comment