HOW TO INSTAL ANDROID PLUGIN on NETBEANS 7.*.*

Monday, December 16, 2013

jika anda seorang pembuat software android pastinya anda membutuhkan plugin android yang harus anda install pada aplikasi yang anda gunakan , jika biasanya seorang pembuat aplikasi android menggunakan Eclipse untuk pengembangan nya, maka kali ini kita akan menggunakan netbeans pernahkah anda mencoba untuk menginstall plugin android pada sebuah software netbeans 7.*.*  ,netbeans andalah sebuah aplikasi yang mendukung berbagai bahasa pemerograman dari bahasa pemerograman php,c++ dan lainnya . namun karena yang di bahas pada postingan kali ini adalah tentang install android plugin tentunya kita akan menggunakan bahasa java untuk pengembangan nya. bagi yang ingin mencoba menginstall plugin android pada netbeans silahkan untuk mengikuti langkah demi langkah postingan kali ini.

 

Di bawah  ini merupakan pengaturan pada Netbeans yang digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi Android.

Software yang digunakan :
1. Netbeans 7.0.1 ( download dan install netbeans pada komputer anda )
2. JDK 7
3. OS Windows

Pengaturan pada Netbeans

1. Buka pengaturan Plugins. ( Menu Tools -> Submenu Plugins )

1

2. Buka tab Setting.

21

3. Selanjutnya klik button add

isi Name = android atau bisa di ganti dengan saudara suka

URL = http://kenai.com/projects/nbandroid/downloads/download/updatecenter/updates.xml

Koneksi Internet

3

4. Ceklist android

4

5. Selanjutnya pilih Available Plugins dan ceklist sesuai dengan Netbeans yang saudara/i gunakan dan setelah itu klik button Install.

6

Instalasi Android Platform

1. Unduh Android SDK dan AVD (Android Virtual Device) Dapatkan file tersebut pada halaman berikut :http://developer.android.com/sdk/index.html

2. Install Android SDK_r18.

Setelah di dowload selanjutnya di install seperti di bawah ini:

Pilih Menu Tools

sdk-1

Dan pilih Submenu Options dan akan keluar form seperti di bawah ini, setelah itu pilih Miscellaneous -> Android dan SDK Location / SDK yang telah di dowload di atas tadi dan OK.

sdk-2

3. Setelah itu pilih Submenu Options -> Android SDK dan AVD Manager dan tunggu beberapa detik maka akan keluar form seperti di bawah ini dan biarkan otomatis updates Packages SDK dan install apabila saudara/i ingin versi terbaru.

sdk-3

4. Selanjutnya pada Android SDK Manager pilih Submenu Tools -> Manage AVDs dan akan keluar form untuk membuat Virtual Emulator android.

avds-1

selanjutnya pilih New dan ikuti AVD Name dan yang lai seperti gambar di atas lalu Create AVD seperti gambar di bawah ini.

avds-2

 

 

 

cara INSTAL PLUGIN ANDROID DI NETBEANS 7.*.*

 

belajar membuat aplikasi android | belajar java netbeans

0 komentar:

Post a Comment