Monitor Komputer Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitasnya

Monday, December 16, 2013

pengertian-monitor-komputer[1]

Pengertian monitor komputer adalah perangkat keras komputer yang merupakan bagian dari perangkat keluaran (output device), berupa layar yang berfungsi untuk menampilkan tulisan atau gambar. Dengan kata lain, monitor dapat pula dikatakan sebaga layar tampilan komputer. Monitor merupakan bagian sangat penting dari komputer karena tanpa adanya monitor komputer tentu tidak akan dapat digunakan.

Dahulu, monitor komputer hadir dalam bentuk monitor tabung hitam putih. Akan tetapi, saat ini monitor telah berkembang menjadi beberapa jenis. Di antara banyak jenis monitor yang ada sekarang, monitor LCD merupakan jenis yang paling populer karena dianggap memiliki sejumlah keunggulan, seperti ukurannya tipis, tingkat radiasinya rendah, dan hemat listrik. Monitor komputer memiliki berbagai ukuran sebagaimana televisi.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan monitor komputer dalam memberikan tampilan berkualitas, antara lain sebagai berikut.

 

1. Dot Pit

Dot Pitch adalah jarak atau ruang antara dua pixel. Makin kecil Dot Pitch, kualitas gambar yang ditampilkan monitor akan makin bagus dan warnya makin tajam.

2. Refresh rate

Refresh rate adalah berapa kali per satuan detik monitor dapat di-refresh. Makin cepat nilai refresh rate, makin bagus kualitas gambar yang ditampilkan layar monitor. Dibutuhkan proses refresh setidaknya 72 Hz untuk menghindari adanya kejapan pada laar monitor.

3.  Convergence

Convergence adalah tingkat kejernihan dan ketajaman setiap pixel.

4. Jenis monitor

Jenis monitor yang diakui memiliki kualitas terbaik saat ini adalan monitor LCD.

5.  Adapter video

Adapter video berfungsi untuk mengambil data dari CPU dan mengonversikannya dalam bentuk sinyal dari yang semula berbentuk digital. Sinyal ini kemudian disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor. Makin tinggi resolusi yang dapat ditampilkan adapter video, akan makin bagus kualitas tampilan monitor.

6. Resolusi layar monitor

Resolusi berkaitan dengan jumlah pixel horizontal dan vertikal.  Makin banyak jumlah piksel, resolusi layar monitor pun makin tinggi. Makin tinggi resolusi layar monitor,   makin baik pula kualitas gambar yang ditampilkan

Demikianlah paparan sekilas mengenai pengertian monitor komputer, jenis, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitasnya.

ref : infokomputerterbaru

0 komentar:

Post a Comment