Medium Jaringan Komputer

Sunday, December 8, 2013

Medium jaringan yang biasa digunakan untuk membuat jaringan adalah Kabel Coaxial, UTP (Unshielded Twisted Pair), dan Wireless.

1 Kabel Coaxial

image
Kabel coaxial terdiri atas konduktur silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel coaxial dapat di gunakan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh.

Kabel coaxial memiliki ukuran beragam. Diameter yang besar memilik
transmisi panjang dan menolak noise. Nama Lain dari Kabel ini adalah "thicknet". Kabel ini sangat popular untuk LAN karena memiliki bandwith yang lebar, sehingga dapat digunakan untuk komunikasi broadband (multiple channel) atau sinyal frekuensi tinggi dan juga bisa digunakan untuk melakukan transmisi data kecepatan tinggi. Contoh kabel coaxial dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kabel tv, thin10Base5 yang biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.

beberapa karakteristik Kabel koaksial , yaitu:
• Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps.
• Biaya Rata-rata per node murah.
• Media dan ukuran konektor medium.
• Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium).


Jaringan dengan menggunakan kabel koaksial merupakan jaringan dengan biaya rendah, tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya juga sangat terbatas. Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring.

2. UTP (Unshielded Twisted Pair)

image
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), secara Fisik terdiri atas empat
pasang kawat medium, setiap pasang dipisahkan oleh lapisan pelindung.


Keuntungan menggunakan kabel UTP, yaitu :
• Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps.

• Biaya rata-rata per node murah.
• Media dan ukuran konektor kecil.
• Panjang Kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).

Kerugian dari kabel UTP ini adalah gelombang elektromagnet bisa
mengintervensi kabel UTP tergantung dengan skema yang digunkan
oleh kabel UTP tersebut yang biasanya dipatenkan oleh pembuat
kabel.

 

3. Wireless
Wireless atau nirkabel adalah salah satu media penghubung node di
jaringan yang tidak terlihat bentuknya. Dengan menggunakan wireless, jaringan komputer akan memiliki banyak keuntungan karena tidak adanya kabel-kabel yang berantakan dan sering sekali memubuat suasan tidak teratur.


Berdasarkan kriteria yang dimiliki, wirelessdapat dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:
 

  1. Wireless PAN (Personal Area Network), terhubung dengan media tanpa kabel.penerapan sistem teknologi ini biasanya terdapat pada bluetooth dan IrDA.

  2. Wireless LAN (Local Area Network), terhubung dengan media
    tanpa kabel dan penerapan sistem teknologi ini didasarkan untuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.

  3. Wireless Card, terhubung ke media jaringan dengan menggunakan kartu,penerapan sistem ini, biasanya sering dijumpai pada notebook yang disebut PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Assosiation).

  4. Wireless Modem, modem yang terhubung ke media jaringan tanpa kabel. Wireless Bitmap, terhubung ke media jaringan denganformat grafik yang terdapat dalam WAP. Umumnya, penerapan sistem ini akan memperlambat transfer data karena ukurannya yang besar.

0 komentar:

Post a Comment